Persiapan Dasar Presentasi Bisnis
a. Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan
Penguasaan terhadap materi yang akan dipresentasikan merupakan salah
satu syarat penting agar apa yang ingin disampaikan kepada audiens dapat
mencapai sasaran. Ketidakpastian terhadap materi yang akan
dipresentasikan bukan saja menghambat penyampaian pesan kepada audiens,
tetapi juga akan memberikan citra ( image ) yang kurang baik bagi
pembicara yang bersangkutan. Oleh karena itu, kuasailah materi tersebut
dengan baik sebelum melakukan presentasi di hadapan audiens.
b. Penguasaan berbagai alat bantu presentasi dengan baik
Di samping penguasaan materi yang akan dipresentasikan dengan baik, maka
berikutnya adalah bagaimana seorang pembicara mampu memanfaatkan
berbagai alat bantu presntasi bisnis demi pencapaian tujuan yang
dikehendaki.
Berbagai alat batu presentasi bisnis yang dapat digunakan antara lain:
white board, spidol, overhead projector ( OHP ), transparasi, slide,
komputer, bagan, flip chart, video camera, tape, televisi, VCR, dan LCD
Projector.
c. Menganalisis siapa audiens ( Who, What, Where, When, Why, How )
Agar tujuan presentasi bisnis dapat tercapai dengan baik, maka seorang
pembicara perlu mengenal siapa sebenarnya yang menjadi audiens. Melalui
pendekatan bertanya dengan menggunakan kata tanya seperti: apa, siapa,
di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana, maka seorang pembicara akan
dapat mengidentifikasi tentang siapa sebenarnya audiens yang dimaksud,
sehingga seorang pembicara dapat melakukan berbagai persiapan
antisifatif.
d. Menganalisis berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi
Agar presentasi bisnis yang dilakukan tersebut dapat mencapai tujuan,
maka seorang pembicara perlu mengenal lebih dekat dengan lingkungan
lokasi atau tempat di mana seseorang akan melakukan presentasi bisnis.
Referensi :
http://fajarhidayat14.blogspot.com/2013/04/persiapan-presentasi.html
Penggunaan Alat Bantu dalam Presentasi
a. Papan tulis hitam dan putih (blacboard & whiteboard)
Merupakan salah satu alat bantu presentasi yang sudah cukup lama, dan
kini alat bantu tsb relatif jarang digunakan. Sarana ini cocok untuk
kegiatan seperti lokakarya, briefing, rapat maupun diskusi
b. Flip Charts
adalah sebuah papan yg dilengkapi dgn lembaran-lembaran kertas berukuran
penuh. Apabila lembar kertas sudah penuh, maka dpt dimembuka lembar
kosong selanjutnya atau menyobeknya.
c. Transparansi overhead project
nampaknya merupakan alat bantu presentasi yang cukup populer bagi para
pembicara. Diberbagai belahan dunia seperti Amerika Serikat, Inggris,
Australia dan kanada. Dengan semakin meluasnya teknologi komputer, maka
semakin banyak yg dapat memanfaatkan kemampuan komputer untuk membuat
tampilan grafik, gambar, bagan dsb.
d. Papan tulis elektronik
Papan tulis elekronik memiliki motor elektronik untuk menggulung layar sehingga muncul bagian bersih yang baru dan seterusnya
e. Video cassete recorder (vcr)
Video cassete recorder (perekam kaset video) dapat digunakan sebagai
sarana untuk melakukan persentase bisnis . anda dapat merekam berbagai
program pelatihan atau kegiatan kegiatan tertentu sebagai bahan study
kasus dalam format kaset video . kaset video memiliki tiga macam format
yaitu : PAL, NTSC, SECAM
f. PANEL LCD
Panel liquid crystal display (LCD) memiliki kesamaan dengan layar
komputer jenis laptop yakni transparan , untuk dapat beroperasi layar
LCD dihubungkan dengan port monitor bagian belakang komputer yang
bertindak seperti layar komputer dan bertindak seperti layar komputer
biasa yang menayangkan data atau gambar.
g. Proyektor LCD
Proyektor LCD (liquid crystal display) merupakan salah satu alat bantu
persentasi yang banyak di gunakan oleh organisasi atau lembaga bisnis
maupun non bisnis . dalam perkembangannya , proyektor LCD dari waktu ke
waktu mengalami perkembangan yang semakin baik . perkembangannya dapat
dilihat dari produk atau tau tampilan produk yang semakin menarik dan
ramping. Proyektor LCD ini baru dapat berfungsi dengan baik apabila
dihubungkan dengan Personal Computer (PC) baik dalam bentuk komputer
jinjing (portabel computer) maupun komputer meja (desktop komputer)
Referensi :
http://www.academia.edu/9420401/MAKALAH_KOMUNIKASI_BISNIS_PRESENTASI_BISNIS
Menganalisa Audiens
Dalam menganalisis audiens seorang pembicaraan harus mampu menjawab enam pertanyaan mendasar berikut ini :
1. Siapa audiensnya?
Analisis audiens ini berkaitan dengan kepada siapa seseorang itu berbicara.
2. Apa yang diinginkan audiens?
Agar penyampaian pesan-pesan bisnis sesuai seperti yang diharapkan,
pembicara yang baik perlu mengetahui apa yang diinginkan oleh audiens.
3. Dimana melakukan persentasi?
Bagi pembicara, pemahaman terhadap tempat persentasi dilakukan sangat penting.
4. Kapan melakukan persentasi?
Seorang pembicara perlu memperhatikan secara seksama kapan melakukan
persentasi bisnis (rincian mengenai tanggal,bulan hari,dan jam berapa).
5. Mengapa melakukan persentasi?
Sebelum melakukan persentasi bisnis,seorang pembicara harus mampu
menjawab pertanyaan mengapa harus melakukan persentasi bisnis.
6. Bagaimana melakukan persentasi?
Seorang pembicara yang satu dengan pembicara yang lain tentunya memiliki strategi persentasi bisnis yang berbeda-beda.
Referensi :
http://www.academia.edu/9420401/MAKALAH_KOMUNIKASI_BISNIS_PRESENTASI_BISNIS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar